Monday, January 31, 2011

Axioo IntelliPen

Seiring munculnya beragam perangkat digital, kita mungkin sudah jarang menulis tangan. Maklum, format digital lebih luwes. Selain mudah dikoreksi, tulisan atau gambar berformat digital juga lebih mudah digandakan dibanding tulisan tangan. Namun pada beberapa kasus, kita mungkin masih butuh (atau sekadar rindu) menorehkan ide lewat tulisan tangan.
Nah, Axioo Intellipen ini boleh dibilang jembatan yang menghubungkan dunia tulis tangan dan digital. Perangkat ini berfungsi mendeteksi gerakan tangan sehingga tulisan yang Anda tulis di sebuah kertas bisa tersimpan secara digital. Jadi Anda dapat versi tulisan tangan maupun versi digitalnya.
Untuk bisa melakukan hal tersebut, ada dua komponen utama Axioo IntelliPen. Yang pertama adalah Digital Pen yang pada dasarnya adalah sebuah pena yang mengeluarkan tinta berwarna biru. Namun berbeda dengan pena biasa, Digital Pen ini memiliki sensor di mata pena yang akan memancarkan gelombang transmisi setiap kali mata pena ditekan. Gelombang transmisi ini kemudian ditangkap oleh sebuah komponen kedua, yaitu receiver berbentuk elips dengan bobot sekitar 64 gram.
 Cara kerja Intellipen seperti ini. Ketika Anda ingin menulis atau menggambar, tempatkan selembar kertas polos di atas alas karton, tripleks, atau lembaran agak keras lainnya. Setelah itu, jepit kertas dan alas tersebut dengan penjepit yang ada di receiver. Receiver ini sendiri bisa ditempatkan di sisi atas, samping, maupun bawah karton. Setelah itu, Anda tinggal menulis/menggambar di lembaran kertas tersebut dan Intellipen akan mendeteksi gerakan pena. Alhasil, apa yang Anda tulis atau gambar di kertas tersebut akan tersimpan sama persis di receiver Intellipen sebagai sebuah file digital.
Receiver itu sendiri sebenarnya memiliki memori internal dengan koneksi USB. Ketika salah satu sisi elips-nya dibuka, akan terlihat kepala USB. Jika ingin melihat hasil coretan, Anda tinggal tancapkan kepala USB tersebut ke port di PC Anda. Nanti, akan muncul software PenInk Viewer yang mendukung sistem operasi Windows, Linux, atau Mac.
Seperti tercermin dari namanya, PenkInk Viewer fungsinya cuma untuk viewing atau melihat hasil coretan. Namun apala gunanya coretan tangan jika tidak bisa diedit lagi. Karena itulah, Anda harus memasang software MyScript Notes. Software ini berfungsi mengkonversi tulisan tangan tadi menjadi teks yang bisa diedit. Hasil konversi tersebut nanti bisa diekspor ke Word atau Notepad.
Namun di sinilah kami menemui kesulitan. MyScript Notes ternyata tidak mengenal kata dalam bahasa Indonesia. Bahasa Inggis, Jepang, Spanyol, Cina, atau Korea sih ada, tapi tidak untuk bahasa Indonesia. Alhasil, semua kata yang kami tulis diintepretasikan sebagai kata dalam bahasa Inggris (yang terpaksa kami pilih). Jadi ketika kami menulis “InfoKomputer adalah majalah terkeren di Indonesia”, software ini menterjemahkannya sebagai “Into KOMP Her a data material Kirk even di Indonesia”. Seperti Anda lihat, software ini mengintepretasikan kata Indonesia menjadi kata-kata yang ada di Bahasa Inggris (into, data, material, dan even).
Menurut Terra Computer sebagai distributor Axioo Intellipen, masalah ini akan teratasi seiring waktu ketika MyScript Notes sudah terbiasa dengan kata-kata Indonesia yang kita tulis. Kami sendiri tidak memiliki cukup waktu untuk memberi “pelajaran” kepada software tersebut, namun pihak Terra sempat menunjukkan bagaimana MyScript Notes bisa menterjemahkan kata “Cabang Ambassador” dan nama-nama khas Indonesia dengan sempurna.
***
Konsep yang ditawarkan Axioo Intellipen terbilang menarik karena menawarkan jembatan antara dunia coretan tangan dan digital. Namun hasil akhir yang diberikan Intellipen pada dasarnya sama seperti kita memindai tulisan tangan dengan scanner biasa. Bedanya cuma masalah real-time atau tidaknya. Jadi Axioo Intellipen lebih cocok bagi Anda yang ingin segera memindahkan tulisan tangan itu ke format digital. (Wisnu Nugroho)

Berbasis USB

Ketika Anda buka salah satu sisi elipsnya, akan terlihat konektor USB. Axioo juga menyediakan kabel ekstensi jika bentuk elips tersebut menyulitkan saat dipasang ke komputer.

 






Posisi Ideal

Beginilah posisi receiver saat bertugas. Kita tinggal jepit di kertas dan alas yang memiliki permukaan keras. Posisi receiver ini bisa di atas, samping, maupun bawah.





Akurat
Jika sudah terbiasa, MyScript Notes bisa mengenali tulisan tangan berbasis Bahasa Indonesia. Namun memang butuh waktu.


Spesifikasi Axioo Intellipen
Koneksi
USB
Kapasitas
1GB
Bobot
Receiver: 64 gram, pena: 16 gram
Kelengkapan
CD Driver, CD MyScript Notes, buku manual
Harga*
Rp. 1,1 juta
Garansi
1 tahun
*Terra Computer, (021) 626-6780

Skor Pengujian
Kinerja
         : 4
Penggunaan  : 4
Harga           : 3,5
Skor Total    : 3,75